Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Dalam memilih minyak masak yang baik untuk kesehatan, hindari minyak dengan kandungan lemak jenuh. Pilihlah minyak yang didominasi oleh kandungan lemak tak jenuh, baik tunggal maupun ganda.

Seperti yang dikutip dari laman klikdokter.com Berikut ini adalah 3 Jenis Minyak Sehat untuk Memasak:

Minyak biji anggur

Minyak serbaguna ini merupakan minyak favorit yang banyak digunakan oleh koki terkenal dan penggemar makanan di dunia. Minyak biji anggur mengandung 71% lemak tak jenuh ganda. Minyak ini memiliki rasa yang ringan, sehingga tidak merusak rasa masakan.

Karena rasanya, minyak biji anggur juga tak hanya dapat digunakan untuk menggoreng dan menumis namun juga sebagai dressing pada salad jika Anda sedang menjalani diet sehat.

Minyak zaitun

Tentu Anda sudah sering mendengar tentang minyak zaitun. Minyak ini memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang paling tinggi dibandingkan minyak masakan umum lainnya, yaitu sebesar 77%. Minyak zaitun juga kaya akan polifenol yang merupakan antioksidan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Terdapat beberapa jenis minyak zaitun di pasaran, di antaranya adalah minyak zaitun extra-virgin yang berarti hanya melalui satu kali pemrosesan dan minyak zaitun murni. Namun, perlu diperhatikan bahwa tak semua jenis minyak zaitun cocok untuk memasak.

Minyak kanola

Minyak kanola mengandung 62% lemak tak jenuh tunggal dan 32% lemak tak jenuh ganda. Minyak ini juga memiliki kandungan lemak jenuh terendah dibandingkan dengan minyak lainnya. Minyak ini baik digunakan bagi Anda yang ingin menjalankan diet sehat.

Sebuah penelitian pada tahun 2013 yang diterbitkan oleh jurnal Nutrition Reviews menemukan bahwa minyak kanola terbukti mampu membantu menurunkan kadar total kolesterol darah dan kadar LDL (low-density lipoprotein), yang berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung.

Untuk memasak, hindari menggunakan minyak zaitun extra-virgin, karena jenis ini tidak mampu bertahan di suhu yang tinggi dan cepat hangus jika dipanaskan. Untuk menggoreng dan menumis, gunakan minyak zaitun murni. Minyak zaitun extra-virgin dapat Anda gunakan sebagai bahan saus atau salad-dressing.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380