Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Tips Jaga Mata Agar Selalu Sehat

Seiring bertambahnya usia kemampuan untuk melihat jelas akan melemah, bukan berarti Anda jadi tidak melakukan apa-apa untuk memperlambat dan mencegah mata dari berbagai gangguan kesehatan. Seperti yang dikutip dari laman WebMD, ada lima kunci utama agar mata Anda selalu berfungsi dengan optimal.

Berikut ini adalah 5 Tips Jaga Mata Agar Selalu Sehat:

1. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan mata

Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zink, vitamin C, A, dan E pun bisa membantu Anda terhindar dari katarak dan degenerasi makula. Anda dapat memperoleh nutrisi tersebut dari sayur-sayuran hijau seperti bayam, kale, lalu protein hewani seperti salmon, telur, tuna, minyak ikan, dan tiram, serta kacang-kacangan dan buah-buahan yang bisa meningkatkan kesehatan mata.

Sementara itu, mengonsumsi makanan bergizi dan melakukan diet seimbang juga bisa mencegah Anda terkena kebutaan. Sebab, memiliki berat badan ideal akan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 yang bisa menyebabkan kebutaan pada orang dewasa.

2. Jangan menatap layar komputer terlalu dekat

Aktivitas menatap layar komputer selama beberapa jam sudah menjadi rutinitas yang tak bisa dihindari. Meski demikian, jangan jadikan rutinitas tersebut sebagai cara untuk menyakiti mata Anda karena gawai, khususnya komputer memiliki radiasi elektromagnetik yang cukup berbahaya bagi kesehatan mata Anda.

Pernahkah Anda merasa mata Anda kering, pegal, dan memerah setelah lama bekerja di di depan komputer? Jika pernah, itu berarti mata Anda sudah memberi sinyal adanya kelelahan pada mata yang jika dibiarkan bisa menimbulkan:

  • Kaburnya pandangan
  • Ketegangan mata
  • Kesulitan fokus pada jarak jauh
  • Mata kering
  • Sakit kepala
  • Serta nyeri leher, punggung, dan bahu

Daripada memaksakan diri hingga membuat Anda terkena gangguan kesehatan di atas, lebih baik istirahatkan mata Anda setiap 20 menit sekali dengan berkedip lebih banyak atau pejamkan sejenak. Kemudian, lihatlah pemandangan yang jauh, kira-kira 20 meter dari Anda, dan pandangi selama 20 detik (jangan lupa berkedip, ya!).

Bila Anda sudah duduk terlalu lama, ingat juga untuk berdiri dan bergerak setiap 2 jam sekali serta beristirahatlah selama 15 menit agar mata dan tubuh tidak tegang.

Kurangilah intensitas kontras tampilannya supaya tidak terlalu menyilaukan. Bila perlu, gunakan pelindung layar antisilau. Selain itu, jika Anda ingin tetap ada perlindungan tambahan pada mata, gunakanlah kacamata khusus layar komputer yang bisa Anda dapatkan setelah berkonsultasi ke dokter.

3. Berhentilah merokok

Apa hubungan antara merokok dengan kesehatan mata? Jangan salah kira, menjadi perokok berat bisa meningkat risiko Anda terkena penyakit katarak! Dilansir KlikDokter, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Dr. I. Oetama Marsis, Sp.OG, mengungkap bahwa kebutaan di Indonesia 50 persennya disebabkan oleh katarak.

Meski penyakit katarak umumnya menyerang orang lansia, tidak menutup kemungkinan bahwa anak-anak atau orang dewasa muda bisa terkena. Gejala yang ditimbulkan oleh katarak ialah pandangan yang berkabut. Pandangan yang berkabut itu disebabkan oleh gumpalan protein yang mengganggu penangkapan bayangan pada retina mata. Semakin banyak kabut yang Anda lihat, semakin parah pula katarak yang diderita. Untuk itu, setop merokok dari sekarang.

4. Gunakan pelindung mata

Daripada menyipitkan mata ketika terkena sinar matahari saat liburan, lebih baik Anda gunakan kacamata hitam atau sunglasses. Karena kacamata hitam bisa melindungi mata dari radiasi sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan katarak dan degenerasi makula.

Jangan asal pilih kacamata hitam yang abal-abal. Pilihlah kacamata hitam yang mampu menahan 99 persen hingga 100 persen UVA-UVB, dan gunakan juga saat mengemudi untuk melindungi mata. Sama halnya bila Anda hendak melakukan aktivitas lainnya, seperti bekerja di laboratorium atau lapangan hingga olahraga (misal, berenang). Jangan lupa untuk mengenakan googles untuk memproteksi mata.

5. Kunjungi dokter mata secara rutin

Saat Anda merasakan mata iritasi yang tidak kunjung sembuh atau adanya perubahan-perubahan lain pada mata, konsultasikanlah hal tersebut kepada dokter mata. Selain itu, pemeriksaan mata secara reguler bisa mendeteksi adanya penyakit seperti glaukoma. Jika dikenali sejak dini, kemungkinan untuk sembuh pun lebih besar.

Ada dua jenis dokter mata yang bisa Anda kunjungi, yaitu optalmologis (melakukan perawatan mata dan melakukan operasi) dan optometris (melakukan perawatan mata tetapi tidak mengoperasi mata). Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380