Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

5 Tisp Mudah Atasi Mata Lelah Karena Komputer

Dengan banyaknya orang yang menggunakan komputer untuk bekerja, mata lelah, tegang, atau kaku sudah menjadi keluhan yang sangat umum. Studi menunjukkan, mata tegang dan gangguan penglihatan lainnya dialami oleh 50-90 pekerja yang menggunakan komputer.

Dikutip dari All About Visions, Berikut lima cara untuk mengurangi beberapa keluhan yang disebabkan oleh computer vision syndrome (sindrom penglihatan komputer – CVS) :

1. Latih mata Anda

Penyebab lain dari mata tegang adalah karena terus fokus. Untuk mengurangi kelelahan pada mata akibat terus-menerus fokus pada layar, alihkan pandangan dari layar selama setidaknya 20 menit. Cobalah juga melihat ke objek yang berada jauh dari Anda (setidaknya 6 meter) selama sekurangnya 20 detik.

Latihan lain adalah untuk melihat objek yang jauh selama 10-15 detik, lalu lihat sesuatu yang ada di dekat Anda. Lalu lihat kembali objek yang jauh. Lakukan hal ini sampai 10 kali.

2. Pergunakan cahaya secukupnya

Mata tegang biasanya juga disebabkan cahaya yang sangat terang dari sinar matahari yang masuk dari jendela atau lampu dalam ruangan yang sangat terang. Ketika Anda menggunakan komputer, cahayanya seharusnya 50 persen lebih gelap dibanding kebanyakan cahaya kantor.

Kurangi cahaya yang datang dari luar dengan cara menutup gorden. Kurangi cahaya lampu dengan mengurangi lebih sedikit bola lampu. Jika memungkinkan, posisikan layar komputer sehingga jendela berada di samping, bukan di depan atau belakang Anda.

3. Lebih sering untuk mengedipkann mata

Salah satu penyebab mata lelah adalah karena kurang berkedip. Mengedip sangatlah penting ketika Anda bekerja di depan komputer. Berkedip akan melembapkan mata dan mencegah mata kering atau iritasi.

4. Rutin cek mata secara menyeluruh

Melakukan pengecekan mata secara rutin adalah salah satu langkah penting yang perlu dilakukan untuk mencegah atau mengatasi CVS.

Menurut National Institute of Occupational Safety and Health, pengguna komputer seharusnya melakukan pengecekan mata sebelum mereka mulai bekerja menggunakan komputer dan satu tahun setelahnya.

Saat pengecekan, pastikan Anda menyampaikan pada dokter seberapa sering Anda menggunakan komputer di kantor atau di rumah. Ukur seberapa jauh mata dari layar komputer ketika Anda duduk, dan bawa ukuran ini saat melakukan pengecekan mata.

5. Istirahat lebih sering

Untuk mengurangi risiko CVS dan nyeri pada leher, bahu, dan punggung, ambillah rehat lebih sering saat Anda bekerja di depan komputer. Kebanyakan pekerja hanya mengambil rehat dua kali selama 15 menit sepanjang seharian mereka bekerja di depan komputer.

Tenang saja, rehat tambahan ini tidak akan mengurangi produktivitas Anda. Justru, rehat akan membuat Anda bekerja lebih produktif. Saat rehat, berdirilah, bergerak, renggangkan tubuh, tangan, kaki, leher, dan bahu untuk mengurangi ketegangannya.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380