Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

6 Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan!

Buah mengkudu adalah salah satu buah asli asal Asia tenggara. Bentuk buahnya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan, namun banyak orang yang kurang menyukai aroma buah ini.

seperti yang dilansir dari manfaat.co.id, Berikut 6 manfaat buah mengkudu bagi kesehatan :

1. Meredakan sakit kepala

Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik). Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.

2. Menurukan tekanan darah tinggi

Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal.

Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang.

Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu.

Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.

5. Mencegah kanker

Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA sel yang menimbulkan gejala kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Pace atau mengkudu memiliki zat anti oksidan yang tinggi. Semua makanan dan obat herbal yang memiliki antioksidan tinggi bermanfaat untuk mencegah sel kanker dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

6. Melancarkan peredaran darah

Mengkudu atau pace bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Zat scopoletin bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Hal itu dikarenakan zat scopeletin bisa melebarkan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lebar bisa melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380