Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Saat musim pancaroba datang, tubuh seringkali mengalami gangguan kesehatan. Di musim pancaroba, suhu udara memang seringkali tidak stabil. Itulah sebabnya tubuh lebih mudah mengalami gangguan kesehatan, termasuk gangguan tenggorokan. Sakit saat menelan merupakan gejala yang paling sering muncul ketika Anda mengalami infeksi dan radang tenggorokan. Selain itu, gejala lain yang dapat muncul pada kondisi ini sangat bervariasi. Mulai dari batuk, demam, hingga sulit mengonsumsi makanan.

Berikut adalah 6 Tips jaga Kesehatan Tenggorokan di Musim Pancaroba

1. Tingkatkan frekuensi cuci tangan

Tingkatkan frekuensi cuci tangan, terutama saat Anda berada di sekitar orang yang sedang sakit tenggorokan. Cuci tangan terbukti dapat mencegah berbagai penyakit, mulai dari influenza hingga infeksi tenggorokan sekalipun.

2. Hindari hal-hal yang bisa mengiritasi tenggorokan

Beberapa hal, seperti asap dan polusi udara, bisa meningkatkan risiko radang tenggorokan. Sedangkan terlalu banyak berteriak dan mengonsumsi makanan yang berminyak diketahui dapat memicu radang tenggorokan.

3. Hindari merokok

Kurangi merokok atau hal-hal lain yang mengandung nikotin dan tembakau, karena dapat meningkatkan risiko radang tenggorokan. Selain itu, Anda juga sebaiknya menghindari asap rokok dan jauhi orang yang sedang merokok.

4. Tingkatkan konsumsi cairan

Konsumsi air putih yang cukup dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi. Meningkatkan konsumsi cairan juga bisa menjaga tenggorokan Anda tidak kering, sehingga bisa mencegah radang tenggorokan. Usahakan untuk membawa air putih ke mana pun Anda pergi.

5. Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit tenggorokan

Selain menghindari kontak, hindari juga untuk menggunakan sendok, piring, atau gelas secara bergantian.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, beristirahat juga menekan stres, di mana stres dapat mengurangi kerja dari sistem imunitas tubuh.

Jika sudah mulai merasakan rasa tak nyaman pada tenggorokan, Anda bisa mengonsumsi teh hangat atau mandi dengan air hangat. Kedua hal ini dapat meringankan nyeri tenggorokan yang terjadi.

source: kliksokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380