Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Apa Itu Penyakit Kusta?

Kusta atau yang biasa disebut lepra atau penyakit Hansen, merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini semakin mengkhawatirkan karena dapat menimbulkan kecacatan bagi penderitanya.

Di Indonesia penyakit kusta masih dapat ditemukan di beberapa wilayah, seperti Jawa Timur, Sulawesi, Papua dan Maluku. Meski jarang terjadi, penyakit ini tak bisa dianggap sepele.

Kusta merupakan penyakit yang menyerang saraf tepi, kulit dan saluran napas atas. Keluhannya dapat menjalar ke seluruh organ kecuali susunan saraf pusat.

Meskipun tidak menular, seseorang dapat terinfeksi penyakit ini bila melakukan kontak dalam jangka waktu lama dan erat dengan penderita kusta.

Penderita kusta yang terinfeksi kuman biasanya tidak langsung mengalami gejala. Dibutuhkan waktu yang cukup lama hingga timbul keluhan, yaitu rata-rata lima hingga dua puluh tahun lamanya.

Bahaya penyakit kusta yang tidak segera ditangani

Tanpa pengobatan, kusta dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit, saraf, lengan, tungkai, kaki dan mata. Pada mata dapat menyebabkan kebutaan atau glaukoma.

Penyakit ini juga dapat menyebabkan wajah sulit dikenali, disfungsi ereksi dan infertilitas pada pria, gagal ginjal, kelemahan otot, dan sebagainya. Oleh sebab itu, deteksi dini terhadap penyakit ini sangat diperlukan. Karena kerusakan fisik dan saraf tidak dapat kembali, bahkan jika penyakit sudah sembuh.

Pengobatan kusta sendiri sudah disediakan pemerintah secara gratis. Hal yang penting dalam menangani penyakit ini yaitu motivasi dan dukungan keluarga, serta kepatuhan penderita dalam menjalani pengobatan, karena durasi yang lama.

Pada penderita kusta dengan kerusakan saraf, penggunaan sepatu protektif penting untuk mencegah terjadinya luka pada tukak dan infeksi sekunder.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380