Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Buah Yang Mengandung Protein

Buah yang mengandung protein, mengonsumsi buah-buahan setiap hari sangat baik untuk kesehatan. Buah identik dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa buah juga mengandung makronutrien seperti protein? Berikut adalah buah yang mengandung protein yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda!

Pentingnya Protein Bagi Tubuh

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi untuk dapat berfungsi dengan baik. Nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah besar disebut dengan makronutrien yang meliputi karbohidrat, lemak, dan protein. Menurut Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI, angka kecukupan konsumsi protein untuk masyarakat Indonesia adalah 57 gram per hari.

Fungsi protein dalam tubuh tentunya sangat banyak. Berikut adalah beberapa manfaat protein bagi tubuh:

  • Sumber energi
  • Menjaga sistem imun tubuh
  • Alat transportasi nutrisi dalam tubuh
  • Penyimpanan nutrisi
  • Menyeimbangkan pH cairan dalam tubuh
  • Mendukung pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh
  • Pembentukan enzim dan hormon

Baca Juga: Pengobatan Alami dan Alternatif Kutu Air

Buah yang Mengandung Protein

Jika kita berbicara tentang sumber protein, Anda mungkin akan langsung berpikir tentang produk susu, daging, telur, atau kacang-kacang. Buah memang tidak mengandung protein sebanyak makanan-makanan tersebut, tapi buah tetap bisa jadi pilihan Anda untuk membantu memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Berikut adalah 10 buah yang mengandung protein cukup tinggi yang dapat Anda konsumsi!

1. Jambu Biji

Buah mengandung protein yang paling tinggi adalah jambu biji.

Setiap 100 gram jambu biji memiliki kandungan protein sebanyak 2,6 gram. Jumlah ini kurang lebih dapat memenuhi 5% kebutuhan protein harian. Jambu biji juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Nutrisi lain yang terkandung dalam jambu biji meliputi vitamin A, vitamin B6, vitamin B3, kalium, magnesium, dan tembaga.

2. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi.

Selain sebagai sumber lemak baik, ternyata alpukat juga dapat menjadi sumber protein. Setiap 100 gram alpukat mengandung 2 gram protein yang artinya dapat memberikan 4% protein dari total kebutuhan harian Anda. Kandungan lain dalam alpukat meliputi vitamin A, B, C, E, K, folat, dan magnesium.

3. Aprikot

Buah aprikot dikenal banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kulit karena mengandung vitamin C yang tinggi.

Aprikot juga masuk ke dalam buah yang mengandung protein cukup banyak. Anda dapat menambahkan sekitar 3% protein dari keseluruhan kebutuhan harian dengan mengonsumsi sebanyak 100 gram buah aprikot. Nutrisi lain yang juga cukup tinggi dalam aprikot adalah seperti vitamin A, C, E, dan kalium.

4. Kiwi

Buah kiwi adalah buah yang kaya antioksidan dan dapat menjadi sumber serat yang baik bagi tubuh.

Kiwi juga memiliki kandungan protein dan dapat menyumbang sekitar 2% kebutuhan protein apabila Anda mengonsumsi 100 gram buah ini. Kiwi juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan juga kalium.

5. Blackberry

Blackberry adalah buah yang kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K , serat, mangan, kalsium, dan zat besi.

Buah ini juga tentunya memiliki kandungan protein yang dibutuhkan tubuh. Setiap 100 gram buah ini mengandung 1,4 gram protein yang dapat menyumbang sebanyak 3% kebutuhan harian. Keistimewaan blackberry lainnya adalah kadar indeks glikemiknya yang rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

6. Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Buah ini ternyata juga termasuk ke dalam buah yang mengandung protein. Apabila mengonsumsi jeruk sebanyak 200 kalori, Anda bisa memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 8%. Jeruk juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B1, folat, dan juga kalium.

7. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

Buah ini memang mengandung berbagai nutrisi mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Konsumsi 100 gram pisang kurang lebih dapat menyumbang 2% kebutuhan protein harian. Sedangkan untuk konsumsi 200 kalori dapat menyumbang sekitar 5% kebutuhan harian.

8. Melon

Melon juga termasuk ke dalam buah yang mengandung protein yang tidak boleh Anda lewatkan.

Setiap 100 gram melon dapat menyumbang 2% kebutuhan protein dan setiap 200 kalori melon dapat menyumbang hingga 10% kebutuhan protein harian. Melon juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, dan juga zinc.

9. Raspberry

Buah raspberry memiliki kandungan kalori yang rendah dan serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

Buah ini juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein. Setiap 100 gram raspberry menyumbang sekitar 2% kebutuhan protein dan setiap 200 kalori raspberry dapat menyumbang hingga 9% kebutuhan protein harian. Raspberry juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti kalium, natrium, magnesium, zat besi, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

10. Persik

Buah yang mengandung protein yang terakhir adalah buah persik.

Sama seperti buah raspberry, 100 gram buah persik juga menyumbang sekitar sekitar 2% kebutuhan protein harian dan sebanyak 200 kalori buah persik menyumbang sebanyak 9% kebutuhan protein harian. Buah ini cocok dijadikan camilan setiap hari karena memiliki kalori yang rendah.

Nah, itu dia 10 buah yang mengandung protein yang dapat Anda konsumsi setiap hari. Selain memenuhi kebutuhan protein, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Makan dengan nutrisi seimbang akan membantu tubuh agar dapat berfungsi dengan baik dan dapat menurunkan risiko berbagai penyakit.

Baca juga: Bagian Tubuh Yang Mesti Dibersihkan Saat Mandi

source: DokterSehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380