Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Perlu diketahui bahwa tidak semua jerawat menimbulkan bekas yang bandel. Bila cepat diobati dan peradangan yang terjadi tergolong ringan, biasanya jerawat akan sembuh tanpa menimbulkan bekas. Sekalipun ada, bekasnya cenderung tipis sehingga akan segera memudar.

Sebaliknya, bila peradangan yang terjadi begitu hebat, sangat mungkin jerawat meninggalkan bekas permanen seperti noda hitam maupun jaringan parut.

Beragam cara ampuh untuk menyamarkan bekas jerawat, berikut beberapa pilihan cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan atau menyamarkan bekas jerawat yang bandel di wajah:

1. Lakukan perawatan kulit dasar

Salah satu cara termudah untuk membantu menyamarkan atau menghilangkan bekas jerawat kemerahan dan kehitaman adalah dengan melakukan perawatan kulit dasar. Hal ini meliputi membersihkan, melembapkan, serta melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV.

Usahakan untuk memilih produk skin care seperti sabun cuci muka, pelembap, dan sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit Anda. Jangan lupa, perhatikan pula kandungan bahan-bahan aktif di dalamnya.

Pastikan Anda tidak membeli produk skin care yang bisa memicu reaksi alergi atau iritasi di kulit. Alih-alih mendapatkan kulit sehat bebas noda, penggunaan produk skin care yang tidak tepat justru semakin membuat kulit Anda semakin rusak.

2. Maskeran secara rutin

Coba ingat-ingat kapan terakhir kali Anda pakai masker wajah? Entah itu masker yang berbentuk sheet mask atau pasta, keduanya dapat membantu melembapkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat di wajah.

Namun, khusus untuk menghilangkan bekas jerawat, Anda bisa menggunakan produk masker wajah yang mengandung niacinamide, kojic acid, arbutin, ekstrak licorice, dan ekstrak mulberry.

Cara menyamarkan bekas jerawat satu ini sebaiknya digunakan bersamaan dengan produk skincare lain supaya hasilnya maksimal.

Baca juga: Penyebab, Pengobatan serta Pencegahan Maag Kronis

3. Pakai gel penghilang bekas jerawat

Menggunakan gel penghilang bekas jerawat juga bisa jadi solusi untuk mencegah sekaligus menyamarkan bekas jerawat di wajah. Anda bisa menggunakan gel penghilang bekas jerawat yang mengandung niacinamide, Allium cepa dan MPS (Mucopolysaccharide), serta Pionin (Quaternium-73).

Ketiganya dapat membantu menyamarkan noda hitam dan tekstur kulit yang tidak rata akibat bekas jerawat. Gel yang mengandung tiga bahan aktif tersebut juga punya kemampuan untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

Sebelum menggunakan gel ini, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dulu sampai bersih. Lalu oleskan gel tipis-tipis pada bagian kulit wajah yang bermasalah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

4. Ubah pola makan

Selain menggunakan produk skincare, Anda juga perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat untuk menyamarkan bekas jerawat di wajah. Sebab, apa yang Anda makan setiap hari nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Mulai sekarang, coba kurangi atau bahkan hindari makanan berlemak dan tinggi gula. Meski nikmat, kedua jenis makanan tersebut dapat memicu dan memperparah peradangan di kulit.

Sebaliknya, biasakan untuk makan buah dan sayur setiap hari. Sayuran dan buah-buahan mengandung vitamin, mineral, dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit maupun tubuh.

Yang tak kalah penting, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih supaya kulit dan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380