Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
ibu menyusui

Ibu Menyusui, Ini Fakta Pentingnya!

Ibu Menyusui – Mempersiapkan yang terbaik untuk kebutuhan anak merupakan kewajiban utama seorang ibu. Terutama asupan gizi pertama yang akan masuk ke tubuh si kecil, ASI (Air Susu Ibu) tentunya. Namun, tidak semua ibu dianugerahi kemudahan dengan produksi ASI yang lancar. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang menyangkut kebiasaan sang ibu, salah satunya adalah kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh Mayo Clinic, terdapat 4 hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu ketika ingin menyusui si kecil dengan ASI. Simak penjelasannya di bawah ini:

Perlukah Menambah Kalori?

Ya, ketika aktif menyusui artinya Anda membutuhkan energi tambahan untuk kebutuhan si kecil. Cukup menambahkan 500 kalori setiap harinya dan pastikan Anda memilih menu terbaik, seperti apel, pisang, roti gandum dioles selai kacang, dan yogurt.

Perbanyak Minum Air Mineral

Hindari kafein dan kurangi minuman manis. Minumlah air mineral secara teratur, pastikan Anda tidak pernah merasa haus, karena ketika aktif menyusui, seorang ibu akan mudah terserang dehidrasi.

Menu Wajib

Fokuslah membuat daftar menu sehat yang kaya protein dan nutrisi. Seperti sayur, buah, gandum, daging putih, dan seafood. Pastikan Anda mengolah menu tersebut dengan benar seperti mencuci bahan-bahan dengan air mengalir agar meminimalisir kadar pestisida, dan membeli seafood dengan sertifikasi bebas merkuri. Ingat, apa yang Anda konsumsi menentukan rasa ASI Anda. Jadi semakin bervariasi dan bergizi menu Anda akan semakin baik membantu pertumbuhan si kecil.

Vitamin D dan B-12

Bayi Anda membutuhkan Vitamin D untuk tulangnya. Selain minum susu khusus ibu hamil, Anda bisa menambahkan susu sapi segar ke dalam menu harian. Jangan lupa juga untuk mengajak si kecil berjemur di bawah matahari pagi. Untuk perkembangan otak, Anda bisa mengonsumsi suplemen B-12.

Artikel Selanjutnya : 10 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk
Sumber : wikipedia

CategoryArtikel
Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380