Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Kenapa Sakit Kepala saat Menunduk? Ini Alasannya

Apakah Anda sering sakit kepala saat menunduk? Sakit kepala yang sering dirasakan saat menunduk biasanya disebabkan karena adanya penyakit lain. Jenis penyakit yang terkait dengan hal ini adalah sinusitis.

Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Fungsi sinus adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung, selanjutnya dialirkan ke belakang, ke arah tenggorokan untuk ditelan ke saluran pencernaan.

Jika terjadi penyumbatan aliran lendir dari sinus ke rongga hidung, maka akan menyebabkan sinusitis. Sinusitis berarti adanya peradangan pada rongga sinus yang berada di tulang-tulang wajah.

Peradangan pada sinus dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau noninfeksi (alergi) yang dapat menutup lubang sinus. Sakit kepala adalah salah satu gejala yang ditimbulkan sinusitis.

Berikut ciri mengenali sakit kepala akibat sinusitis:

  • Nyeri yang dirasakan konstan
  • Nyeri berdenyut di area wajah –khususnya sekitar mata, dahi dan pipi
  • Nyeri yang terjadi di satu sisi kepala
  • Nyeri hebat pada pagi hari dan mereda pada siang hari
  • Nyeri semakin hebat dirasakan saat kepala menunduk
  • Nyeri dirasakan saat terjadi perubahan suhu, misalnya dari udara dingin ke panas atau sebaliknya

Gejala nyeri sakit kepala sinusitis sering kali sama dengan sakit kepala migrain dan tension headache. Yang membedakannya adalah sakit kepala sinusitis disertai gejala penyerta, seperti demam dan adanya lendir berwarna hijau atau kuning yang berasal dari hidung.

Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk membedakan sakit kepala sinusitis dengan sakit kepala lainnya. Ditambah adanya pemerikaan penunjang seperti rontgen wajah atau pemeriksaan CT Scan.

Jika Anda mengalami gangguan nyeri sakit kepala saat menunduk, Anda dapat membeli obat pereda rasa sakit di apotek yang mengandung acetaminophen atau golongan NSAID seperti ibuprofen. Obat ini bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala, demam dan nyeri di daerah wajah. Apabila nyeri sakit kepala tidak berkurang, segera konsultasikan masalah Anda dengan dokter.

source: klikdokter

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380