Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Manfaat tidur bagi kesehatan, tidur yang cukup dan berkualitas merupakan syarat terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh. Terdengar mudah, namun kesibukan di zaman modern ini justru semakin sulit untuk mendapatkannya.

Padahal, tidur yang berkualitas bisa memberikan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, seperti organ dan beberapa bagiannya. Kurang tidur atau pun kualitas tidur yang buruk juga memiliki manfaat yang negatif.

Anjuran yang sering kita dengar adalah alokasikan waktu setidaknya tidur malam selama 6-8 jam sehari. Dirangkum dari Times of India, berikut adalah bagian-bagian tubuh yang mendapatkan manfaat dari tidur berkualitas:

Baca juga: Atasi Pegal Leher Sehabis Bangun Tidur Pagi

1. Otak

Saat kamu tertidur, otak memproses informasi yang didapat seharian, membentuk ingatan baru, mematenkan hal-hal yang dianggap penting dan membuang yang tidak penting. Oleh karena itu orang-orang yang terbiasa begadang sebelum ujian atau presentasi justru malah cenderung gagal, karena informasi ini tidak diproses dan direkam otak.

Tidur yang buruk juga berdampak buruk pada pemberian keputusan, penyelesaian masalah dan cara mengatur emosi. Sehingga bisa berisiko terkena depresi, bunuh diri, dan perilaku berisiko, ditambah lagi soal kemampuan berkonsentrasi.

2. Mata

Dalam sebuah studi kecil tahun 2013 ditemukan bahwa orang yang kurang tidur akan lebih memiliki kantung mata, mata merah, bengkak dan mata panda ketimbang orang yang cukup tidur. Tapi kurang tidur bukan cuma soal penampilan saja, karena jika tidur terganggu dan otot di sekitar mata tidak dapat waktu rehat yang cukup, maka kejang otot mata dan kedutan bisa terjadi.

Jika kamu mengidap sleep apnea atau gangguan tidur, risiko terkena glaukoma dan anterior iskemik optik neuropati (peradangan pada pembuluh darah di mata) bisa menyebabkan kebutaan.

3. Hidung

Saat kita tidur, tubuh menguatkan sistem imun sehingga sel-sel pelawan infeksi dan protein bisa menyingkirkan ‘penyakit-penyakit’ yang mampir. Kurang tidur akan mengganggu fungsi sistem imun sehingga tidak dapat melakukan tugasnya dengan benar.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari 6 jam tentu akan berisiko rentan sakit dan terpapar oleh virus demam. Yang lebih buruk, sekalinya sakit, kurang tidur akan membuat kita sulit sembuh.

4. Berat badan

Kurang tidur bisa membuatmu makan lebih banyak, misalnya ngemil di malam hari yang membuatmu makin bertambah berat badan. Hormon leptin menekan rasa lapar dan ghrelin menstimulasi nafsu makan dan bisa menyebabkan naiknya berat badan.

Yang lebih buruknya lagi, kurang tidur tidak hanya terkait dengan makan lebih banyak, namun juga menyebabkan kita ngidam makanan-makanan tertentu seperti junk food, kue, permen dan keripik kentang. Akibatnya tubuh juga bisa kesulitan mengatur gula darah saat kurang tidur dan berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Bagian Tubuh Yang Mesti Dibersihkan Saat Mandi

5. Pencernaan

Kurang tidur bisa menyebabkan sakit perut dan pencernaan tidak lancar. Tidur yang terganggu bisa membuat tubuh stres, sehingga memicu darah dan nutrisi menjauh dari usus dan beberapa bagian tubuh.

Artinya, makanan apapun di perutmu tidak akan mendapakan asam biasa dan menjadi sekresi, kontraksi usus untuk mendorong makanan bisa berkurang dan penyerapan makanan bisa terhambat. Hasilnya? konstipasi, diare, kembung, mulas, dan nyeri.

6. Kulit

Penasaran mengapa seseorang bisa sangat cantik atau cakep tanpa perawatan apapun? Rahasianya terletak pada tidur yang cukup, karena saat tidur kulit bekerja keras untuk memperbaiki sel-sel yang rusak di siang hari.

Kurang tidur bisa menyebabkan peradangan dan hormon stres, ehingga menimbulkan jerawat, eksim, dan psoriasis. Selain itu juga menyebabkan muka pucat dan keriput serta ujung bibir yang menurun. Jangan lupa bobo cantik ya!

7. Hasrat seksual

Kebiasaan tidur kita juga bisa berdampak pada kehidupan seksual kita. Pada studi Mei 2015, wanita yang mendapat satu jam ekstra tidur akan mampu untuk berhubungan seks di keesokan hari. Di sisi lain, wanita yang kurang tidur bisa mengalami penurunan libido.

Hal ini juga berlaku pada pria. Kurang tidur bisa menurunkan kadar testosteron dan akhirnya menurunkan dorongan seksual. Ditambah lagi, kurang tidur juga terkait dengan pengurangan konsentrasi dan jumlah sperma, menurut studi bulan Mei tahun 2013.

8. Tulang dan otot

Hormon pertumbuhan tubuh kita terlepas selama tidur nyenyak dan bertanggung jawab untuk membangun, memperbaiki, dan menjaga otot serta tulang. kurang tidur berarti perbaikan otot dan penyembuhan akan menjadi terganggu. Kurang tidur juga bisa mengurangi kepadatan tulang, fraktur dan pengurangan massa otot tulang.

9. Jantung

Tekanan darah menurun saat kita tidur, namun jika kamu kurang tidur, maka tekanan darah bisa naik selama waktu yang cukup lama dan bisa mengakibatkan hipertensi kronis yang jadi faktor risiko terbesar penyakit jantung dan stroke.

Kurang tidur bisa memberikan dampak negatif pada jantung secara tidak langsung dengan menyebabkan kita makan makanan yang tidak sehat, kadar stres tinggi, motivasi untuk berolahraga menurun yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Baca juga: Pengobatan Alami dan Alternatif Kutu Air

Oleh karena itu, Yayasan Jantung Indonesia (YJI) akan mengadakan Jakarta Heart Bike 2019 sebagai puncak peringatan hari jantung sedunia yang jatuh pada 29 September mendatang di tiga kota yaitu Jakarta, Palembang, dan Tanjung Pinang. Kegiatan fun bike ini akan diselenggarakan sejauh 20 kilometer dan diikuti 1.500 peserta dengan rute dimulai dari jalan Tendean di Jakarta.

Ketua Penyelenggara Jakarta Heart Bike 2019, Mela Sabina mengatakan bahwa kegiatan fun bike ini merupakan sarana yang penting dan menyenangkan untuk mempromosikan gaya hidup sehat. Hal ini untuk mendukung kesehatan jantung dan pembuluh darah melalui olahraga rutin bagi masyarakat.

Selain itu, dalam perayaan Hari Jantung Sedunia ini YJI juga mengadakan rangkaian kegiatan kampanye bertajuk “Road To World Heart Day”.

Kegiatan diawali dengan peluncuran kampanye I Heart My Heart yang menyasar generasi millenial agar mereka semakin sadar untuk memulai gaya hidup sehat sejak dini demi menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Jangan lupa untuk bergabung!

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380