Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Penyebab diabetes tipe 1 adalah tidak mampunya tubuh—dalam hal ini pankreas—untuk memproduksi cukup insulin, yakni hormon yang digunakan untuk memecah glukosa agar bisa diserap oleh sel tubuh dan selanjutnya digunakan sebagai sumber energi.

Belum dapat diketahui secara pasti mengapa hal ini bisa terjadi, namun adanya masalah pada sistem imun tubuh (autoimun) diduga kuat menjadi pemicunya. Autoimun yang seharusnya berfungsi untuk melindungi tubuh justru berbalik menyerang atau merusak, dalam hal ini sel-sel yang ada di pankreas.

Akibatnya, pankreas tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Bahkan, ada beberapa kasus di mana pankreas sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin. Inilah yang kemudian menyebabkan gula darah mengalami peningkatan kadar karena tidak digunakan oleh tubuh sebagai ‘bahan bakar’.

Pengobatan diabetes tipe 1 terbagi menjadi 2, yakni pengobatan medis dan pengobatan rumahan sebagai penunjang. Simak informasinya berikut ini!

1. Pengobatan di Rumah

Penderita diabetes juvenil dapat melakukan sejumlah aktivitas berikut ini untuk mengoptimalkan proses penyembuhan penyakit tersebut:

  • Mengatur Pola Makan

Pemilihan makanan yang tepat menjadi kunci utama bagi pasien diabetes jika ingin peluang kesembuhan penyakitnya tinggi.

Disarankan bagi pasien untuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran dan menghindari makanan mengandung gula, lemak, dan garam.

  • Olahraga

Penderita diabetes jenis ini juga disarankan untuk memperbanyak aktivitas fisik seperti berolahraga ringan. Tidak perlu olahraga berat, berjalan kaki santai atau jogging juga sudah cukup untuk membantu mengontrol kadar glukosa di dalam tubuh. Dengan catatan, lakukan kegiatan olahraga ini secara rutin dan teratur.

  • Medical Check Up Rutin

Melakukan pemeriksaan medis (medical check up) secara rutin juga menjadi cara untuk mengoptimalkan penyembuhan penyakit ini.

Selain memeriksakan diri ke dokter secara langsung, Anda juga bisa menggunakan alat tes kadar gula darah yang bisa didapatkan di apotek atau toko obat. Baca petunjuk penggunaan alat dengan seksama sebelum menggunakan.

  • Kelola Stres dengan Baik

Terakhir, pastikan untuk mengelola stres dengan baik. Pasalnya, stres juga dapat memicu peningkatan gula darah.

Baca juga : Tips untuk Bersihkan Paru Perokok Aktif

2. Pengobatan Medis

Sementara itu, pengobatan medis yang diterapkan pada penderita diabetes ini mencakup:

Terapi Insulin

Terapi insulin adalah metode perawatan diabetes tipe 1 yang dimaksudkan untuk menjaga agar kadar insulin di dalam tubuh tetap mencukupi sehingga kadar gula darah terkontrol. Insulin diberikan setiap hari dengan cara diinjeksi.

Ada beberapa jenis insulin yang umum diberikan, yaitu:

  • Rapid-acting insulin
  • Short-acting insulin
  • Intermediate-acting (NPH) insulin
  • Long-acting insulin

Pemilihan jenis insulin tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasien. Pastikan Anda mendapatkan insulin yang tepat.

Obat-Obatan

Selain insulin, pasien juga akan diberikan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan yang umum diberikan adalah sebagai berikut:

  • Obat antihipertensi, bertujuan untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal
  • Aspirin, bertujuan untuk melindungi jantung
  • Obat antikolesterol, bertujuan untuk menjaga agar kadar lemak HDL, LDL, dan trigliserida tetap normal.

Pencegahan Diabetes Tipe 1 belum dapat dipastikan apa yang benar-benar bisa mencegah seseorang terkena diabetes jenis ini. Akan tetapi, Anda mungkin bisa sedikit meminimalisir risikonya dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti:

  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula
  • Banyak mengonsumsi buah dan sayuran
  • Olahraga teratur
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres dengan baik

Itulah penyebab, pengobatan dan pencegahan Diabetes tipe 1, semoga bermanfaat untuk kita semua. Mohon maaf bila ada salah kata. Terimakasih

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380