Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan yang mereka miliki. Ada yang menggunakan obat tertentu meski berisiko dan berbahaya. Namun, ada yang memilih mengonsumsi buah-buahan tertentu seperti pisang yang dipercaya membantu tubuh dalam menurunkan berat badan dengan lebih cepat.

Apakah Pisang Memang Bisa Menurunkan Berat Badan?

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, ditemukan fakta kalau ada hubungan antara mengonsumsi pisang yang matang dengan penurunan berat badan. Apalagi di dalam pisang ukuran sedang ada sekitar 3 gram serat yang akan membuat Anda jadi lebih kenyang dan tidak akan makan terlalu banyak setelahnya.

Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan terkait pisang dan fungsinya untuk pengendalian berat badan.

  • Serat di dalam pisang cukup banyak atau memenuhi sekitar 12,5% serat harian di satu batang pisang ukuran sedang. Kalau Anda makan 3-4, sekitar separuh kebutuhan serat akan dipenuhi dengan cepat.
  • Serat yang banyak akan membuat seseorang jadi lebih kenyang dibandingkan makan karbohidrat sederhana seperti nasi. Serat akan mencegah Anda makan secara berlebihan dan tubuh mengalami kelebihan kalori yang akhirnya diubah lagi menjadi lemak.
  • Serat yang terkandung di dalam pisang akan mencegah tubuh mengalami kenaikan gula darah. Meski memiliki kandungan gula, penyerapannya akan berjalan perlahan-lahan. Berbeda kalau mengonsumsi nasi yang akan memicu insulin dalam jumlah banyak agar gula darah segera diolah.
  • Dari beberapa studi yang dilakukan, penambahan serat sebanyak 14 gram setiap harinya bisa menyebabkan tubuh defisit sekitar 10 persen dari energi total di tubuh. Dampaknya dalam waktu 4 bulan saja tubuh akan mengalami penurunan sekitar 2 kilogram. Gampangnya, dengan hanya makan pisang sebanyak 3-4 buah saja Anda bisa turun 0,5 kg tanpa olahraga.
  • Serat yang masuk ke dalam tubuh tidak hanya mencegah kenaikan berat badan dan mengendalikan gula darah saja. Serat juga menurunkan kolesterol merugikan di dalam tubuh. Dampaknya, kesehatan pembuluh darah bisa terjaga.
  • Pisang juga bisa menjaga kesehatan jadi organ pencernaan dan mencegah terjadinya kanker di kolon.

Baca juga: Inilah Gejala Jika Kekurangan Protein

Manfaat mengonsumsi Pisang, selain poin penting di atas, pisang juga memiliki banyak kandungan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. Kalau Anda mengonsumsi secara rutin, beberapa manfaat di bawah ini bisa langsung didapatkan.

  • Banyak mengandung potasium. Sebagai salah satu buah yang mengandung potasium, pisang bermanfaat untuk menekan hipertensi. Tekanan darah di dalam tubuh akan lebih stabil dengan sendirinya. Karena tekanan darah yang stabil, tubuh juga tidak akan berpotensi mengalami gangguan di jantung dan juga stroke. Gangguan dan kerusakan di ginjal juga bisa dicegah.
  • Pisang juga mengandung cukup banyak magnesium yang bermanfaat dalam produksi energi, merawat kesehatan sistem saraf, dan menurunkan level gula darah. Flavonoid akan mencegah tubuh jadi resisten dengan insulin. Dengan kemampuan yang besar ini, pisang bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 buah sebagai camilan pada penderita diabetes.
  • Pisang bisa memberikan energi yang cukup besar. Karena energi yang besar inilah, pisang bisa digunakan sebagai makanan pengganjal perut, cemilan, dan juga makanan saat berbuka puasa.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380