Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tangan Berkeringat

Memiliki Keringat yang berlebihan pada telapak tangan, ketiak dan telapak kaki. dapat menyebabkan tidak nyaman dan berkurangnya percaya diri. Kelebihan keringat tersebut bukan karena aktifitas yang berlebihan maupun suhu tinggi.

Apa yang di maksud dengan kelebihan keringat?

Memiliki keringat normal dapat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil pada cuaca panas. Saat tubuh mengalami suhu tinggi, atau saat berolahraga. Berkeringat berlebihan atau hyperhidrosis merupakan kondisi tubuh berkeringat lebih dari biasanya. Bahkan hal ini juga dapat terjadi saat cuaca tidak panas, tidak cemas, dan tidak berolahraga.

Keringat berlebihan dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu:

  • Primary focal hyperhidrosis
    Terdapat lebih dari satu tempat pada tubuh yang dapat mengalami keringat berlebihan seperti telapak tangan, telapak kaki, ketiak, wajah, atau kulit kepala. Umumnya pada jenis keringat berlebihan secara simetris pada tubuh (tangan kanan dan kiri, kaki kanan dan kiri). Tidak diketahui penyebab yang mendasari terjaidnya keringat berlebihan. Kemungkinan penyebab adalah karena kelenjar keringat didaerah tersebut terlalu aktif atau lebih sensitif dari biasanya. Pada beberapa orang dapat disebabkan karena pengaruh faktor genetik. Tingkat keparahan yang terjadi dapat bervariasi dari waktu ke waktu. Hal ini dapat diperburuk atau dipicu oleh beberapa faktor seperti kegelisahan, emosi, makanan pedas, dan panas.
  • Secondary focal hyperhidrosis
    Pada jenis ini terdapat penyebab dari terjadinya keringat berlebihan. Salah satu contoh penyebab keringat berlebihan adalah memiliki penyakit tulang belakang atau cedera dapat menyebabkan kaki berkeringat hanya pada satu sisi.
  • Generalised hyperhidrosis
    Keringat berlebihan pada tipe ini disebabkan oleh kondisi kesehatan. Berikut beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan keringat berlebihan, seperti gangguan kecemasan, masalah jantung, kerusakan saraf pada sumsum tulang belakang, efek samping obat-obatan tertentu, masalah hormonal (termasuk kelenjar tiroid yang terlalu aktif), infeksi, atau kanker tertentu.

Tanda dan gejala keringat berlebihan

Umumnya seseorang akan berkeringat ketika sedang berolahraga atau beraktifitas , berada pada lingkungan yang panas, merasa gugup atau stress. Keringat berlebihan yang dialami oleh seseorang hiperhidrosis jauh melebih keringat normal. Tanda dan gejala yang terjadi tergantung pada jenis hiperhidrosis yang terjadi.

Penanganan keringat berlebihan

Tujuan dari terapi untuk hiperhidrosis adalah dapat mengontrol keluarnya keringat. Jika hiperhidrosis disebabkan oleh kondisi kesehatan maka perlu terlebih dahulu untuk mengatasi kondisi medis. Setelah itu dapat dilakukan penanganan untuk hiperhidrosis sesuai dengan tingkat keparahannya.

Terapi pengobatan yang dilakukan meliputi :

  • Penggunaan antiprespirant dari resep yang dianjurkan dokter.
    Umumnya sediaan ini akan dioleskan pada kulit yang mengalami hiperhidrosis. Perlu diperhatikan agar sediaan tidak mengenai mata karena akan menyebabkan iritasi.
  • Penggunaan obat penghambat saraf.
    Beberapa obat oral digunakan untuk menghambat bahan kimia pada tubuh yang memungkinkan saraf tertentu untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini dapat mengurangi keringat tetapi dapat memberika efek samping mulut kering, penglihatan kabur dan masalah pada kandung kemih.
  • Penggunaan obat antidepresan.
    Penggunaan obat ini berfungsi untuk menurunkan kegelisahan sehingga dapat menurunkan keringat yang berlebihan.
  • Injeksi botulinum.
    Penggunaan injeksi botox dapat berfungsi menghalangi saraf yang memicu kelenjar keringat.

Selain terapi pengobatan, dapat juga dilakukan tindakan medis seperti pengangkatan kelenjar keringat dan operasi saraf untuk mengendalikan keringat berlebihan.

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380