Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami

Tips Dokter, Cara Konsumsi Buah yang Benar!

Anda pasti sudah tahu buah dan sayur memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi dan baik untuk tubuh. Itulah mengapa kita disarankan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Seperti yang dikutip dari vemale.com Dr. Fiastuti Witjaksono SpG, menjelaskan bahwa warna pada buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda seperti buah berwarna merah yang memiliki likopen serta vitamin C yang dapat mengurangi risiko sakit kanker dan jantung. Dan masih banyak lagi warna-warna buah yang memiliki manfaat menakjubkan bagi tubuh.

dr. Fiastuti pun menyarankan untuk mengonsumsi buah secara bervariasi, tidak hanya makan satu jenis buah tiap harinya, untuk manfaat yang lebih tinggi lagi.

Menurut dr. Fiastuti dalam sehari seharusnya ketika makan setengah piring sayur dan buah, nasi bisa diganti roti gandum atau kentang dengan kulit. Usahakan per harinya ada dua jenis buah yang dikonsumsi.

“8 porsi atau 4,5 mangkuk dari beberapa jenis buah dan sayur per hari: 400 gram buah dan sayur per hari 2-4 porsi buah dan 3-5 porsi sayur per hari,” ujarnya saat ditemui di Jakarta.

Berikut Tips Dokter, Cara Konsumsi Buah yang Benar :

1. Buah murah seperti apel, naga, jambu biji juga baik bagi kesehatan.

2. Jangan terlalu manis seperti sawo, nangka, atau kelengkeng.

3. Tidak ada aturan kapan buah harus dikonsumsi, jadi makanlah buah sesuai kebutuhan.

4. Buah utuh lebih bagus dikonsumsi, dibandingkan dibuat jus karena saat dijus serat akan terbuang.

5. Infused water hanya akan mendapat rasa dari buah tersebut saja, tanpa mendapat vitamin dari buah tersebut.

6. Makan buah secara utuh, jangan dipotong. Maksudnya adalah ketika kamu ingin membawa buah kemana pun kamu pergi, sebaiknya jangan dipotong terlebih dahulu karena akan terpapar sinar matahari, jika terkena panas akan terjadi risiko kerusakan. Kalau buah dipotong, maka harus dikonsumsi saat itu juga.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380