Open/Close Menu Ramah perilaku kami, Santun budaya kami, Sungguh-sungguh cara kerja kami
Tips Susah Tidur Tengah Malam

Tips susah tidur tengah malam, setelah beraktivitas seharian biasanya membuat seseorang susah tidur di malam hari dan berujung dengan begadang. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi otot yang tegang dan kelelahan.

Latihan peregangan ini dapat membantu untuk mengurangi kemungkinan cedera dan meningkatnya aliran darah ke otot. Selain itu, latihan yang dilakukan malam hari ini juga dapat membantu mengendurkan otot dan membuat tubuh rileks saat akan tidur.

Jika dilakukan dengan benar, peregangan ini dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat dan tenang.

Gerakan peregangan ini bisa dicoba di atas kasur sesaat sebelum tidur. Sebagai berikut:

Baca juga: Kebiasaan yang Mencegah Tekanan Darah Tinggi

1. Warrior one

Gerakan ini dilakukan sambil berdiri. Majukan salah satu kaki ke depan dan kaki lainnya ke belakang. Jaga agar kaki depan dan belakang sejajar dengan lurus. Angkat kedua tangan di atas kepala dan rentangkan badan agar bagian dada terbuka lebar. Ulangi dan ganti posisi kakinya sesuai dengan arahan yang sama.

2. Foward bend

Berdiri dengan dua kaki. Selanjutnya, tekuk tubuh ke depan hingga posisi kepala ada di dekat lutut dan arahkan tangan ke belakang tubuhmu. Arahkan tangan ke langit-langit di belakang tubuh dengan posisi tangan dan kaki selurus mungkin.

3. Cat/dog

Posisikan tangan dan lutut kamu di atas kasur atau lantai seperti posisi merangkak. Putar kepala dari bawah ke atas dan kemudian lengkungkan punggung ke dalam dan luar.

4. Seated side bend

Duduklah di atas kasur atau bantal yang terdapat di atas lantai dengan posisi kaki bersila. Letakkan satu tangan di alas sambil merenggangkan badan ke arah tangan tersebut. Tangan yang bebas diarahkan ke atas kepala. Ulangi ke sisi satunya.

Baca juga: Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

5. Sleeping swan

Duduklah di lantai sambil menekuk satu kaki dan rentangkan kaki lainnya ke belakang. Sandarkan tubuh ke depan, tepat di antara kedua kaki yang sebelumnya dialasi bantal.

Jaga agar posisi badan tidak berpindah dengan tangan yang di rentangkan ke depan, searah dengan badan. Tahan posisi selama 8-10 detik, kemudian ganti kaki. Sambil melakukan gerakan ini, atur napas dengan perlahan melalui hidung untuk membuat tubuh rileks.

6. Side plank

Duduk dengan posisi tangan kanan di lantai. Luruskan tubuh dan angkat menggunakan tangan kananmu. Jaga agar tubuh tetap lurus dan seimbang dengan kaki dan tangan bagian kanan. Renggangkan lengan kiri ke arah langit-langit kamar. Ulangi ke sisi selanjutnya.

7. Happy baby

Baringkan tubuh di kasur atau lantai kamar. Tekuk lutut dan dekatkan ke arah dada. Jaga lutut untuk tetap tertekuk sambil tangan menahan kedua kaki tersebut. Goyangkan badan perlahan ke samping kanan dan kiri. Tahan 8-10 detik di setiap sisinya.

8. Bridge

Baringkan badan di lantai atau kasur. Tekuk lututmu dan posisikan kaki dengan sejajar di atas alas. Dengan menggunakan otot perut, angkat pinggul ke arah atas sampai tubuh bagian atas dalam posisi lurus. Setelah itu, turunkan kembali tubuh ke alas dengan perlahan.

9. Legs up the wall

Pada gerakan peregangan terakhir, baringkan punggung kamu di atas lantai atau kasur. Arahkan kaki ke atas yang di senderkan ke dinding hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat. Jaga lutut dan kaki diposisi selurus mungkin. Biarkan tangan serta tubuh rileks, lalu bernapas dengan dalam dan perlahan.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Ingus Berdarah

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - Apotek Warakas support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 490050, 493380